Rabu, 16 Januari 2008

US Trade Representative evaluasi HAKI Indonesia

Perdagangan
Kamis, 17/01/2008
USTR evaluasi HaKI Indonesia
JAKARTA: Pemerintah Indonesia segera mengadakan pertemuan dengan United States Trade Representatiev (USTR) berkaitan dengan evaluasi penegakan hukum di bidang HaKI, khususnya hak cipta.

Ansori Sinungan, Direktur Hak Cipta, Ditjen Hak Kekayaan Intelektual Departemen Hukum dan HAM, mengatakan bahwa pertemuan dijadwalkan berlangsung pekan depan di Jakarta. "Barbara Weissel wakil dari USTR akan datang ke Indonesia untuk mengevaluasi masalah HaKI di dalam negeri," ujar Ansori.

Dia mengemukakan bahwa pertemuan itu sangat penting artinya bagi Indonesia karena merupakan bagian dari evaluasi yang dilakukan oleh USTR soal penegakan hukum hak cipta di dalam negeri.

USTR, katanya, ingin mengetahui sejauh mana pelaksanaan dan komitmen Pemerintah Indonesia di bidang HaKI selama tahun lalu. "Kita siap memberikan informasi yang dibutuhkan oleh USTR,"katanya.

Informasi yang disampaikan kepada USTR, katanya, sangat menentukan karena berkaitan dengan posisi Indonesia nantinya. "Yang jelas, pemerintah sudah menyatakan komitmennya untuk menegakkan hukum hak cipta dan memberikan perlindungan hukum terhadap HaKI."

USTR setiap tahun menerbitkan daftar negara yang masuk dalam pengawasan terhadap mitra dagangnya berkaitan dengan perlindungan dan penegakan hukum HaKI (mencakup hak cipta, paten, merek, desain industri dan rahasia dagang).

Oleh Suwantin Oemar
Bisnis Indonesia

Tidak ada komentar: